Cara mengukur kecepatan loading blog

Salah satu cara agar pengunjung suka dengan blog kita adalah dengan memberikan loading yang cepat pada blog kita. Blog yang berat serta loading yang lama akan menyebabkan pengunjung malas untuk masuk halaman-halaman artikel kita. Oleh sebab itu, ada baiknya kita coba ukur kecepatan loadingnya.

Untuk mengukur berat serta kecepatan loading ini, ada banyak sekali situs yang menyediakan tool-tool gratisan. Caranya sangat gampang. Kita tinggal masukkan URL blog kita, maka kita akan langsung tahu berapa ukuran blog kita serta lama loading blog kita. Situs yang menyediakan tool-tool untuk mengukur berat serta loding blog ini beberapa diantaranya adalah:

  1. Stopwatch, berfungsi hanya mengukur lama loading blog.
  2. iwebtool speedtes, berfungsi untuk mengukur size blog, kecepatan umum, dan kecepatan rata-rata per KB
  3. Pingdom tool, Hasilnya lebih akurat, karena nanti akan ditampilkan lama loading setiap elemen di dalam blog kita, serta mengetahui jumlah elemen yang terpasang di dalam blog misal CSS, Image, Script, dll.
  4. websiteoptimization, Hampir sama dengan Pingdom tool, tapi disini kita juga bisa menjadikan sebagai bahan Optimalisasi blog kita. 
Sekang, setelah kita tahu tentang analisa mengenai blog kita sehingga mungkin dapat kita jadikan acuan dan motivasi untuk lebih baik kedepannya.
Google+ Facebook Twitter SC SC mail