Sekilas Tentang Bisnis Internet (Update)

Dalam posting sebelumnya Sekilas Tentang Bisnis Internet, saya telah memberikan 10 jenis Bisnis Online yang paling terkenal di Indonesia. Pada posting kali ini saya ingin mengemukakan beberapa alasan atau kelebihan dari Internet marketing.

Berikut beberapa di antaranya;



   1. Pesatnya peningkatan pengguna internet. Bahkan menurut info yang di dapat dari depkominfo, di indonesia sendiri peningkatan ini bisa mencapai 30 juta atau lebih pengguna baru setiap tahunnya. Jadi bisa anda bayangkan bagaimana dan berapa pertumbuhan pengguna internet ini di tahun-tahun kedepan.
   2. Mekanisme kerja yang sangat fleksible. Anda bisa bekerja dimana dan kapan saja anda mau asal ada komputer atau laptop dan koneksi ke internet.
   3. Resiko dan biaya lebih minim di bandingkan dengan membuka bisnis secara offline. Sebagai contoh; Jika anda membuka sebuah toko di ITC, berapa biaya operasiona yang anda harus keluarkan setiap bulan mulai dari biaya sewa tempat, listrik, maintenance, gaji karyawan, stok barang sampai ongkos anda bolak balik kerumah. Sedangkan jika anda membuka bisnis online, paling-paling anda hanya perlu membayar sewa domain, hosting, dan membayar biaya koneksi jaringan ke internet itu sendiri. Bahkan untuk domain dan hosting anda bisa menggunakan yang gratisan jika memang budget anda terbatas.
   4. Ketika anda sudah berhasil membuat sebuah sistem bisnis online, anda akan memiliki waktu yang lebih luang dan fleksible karena “hampir” semua sistem bisnis online di jalankan secara otomatis.
   5. Anda tidak perlu repot mengurus surat izin usaha dan segala tetek bengeknya kepemerintah seperti halnya jika anda membuka bisnis offline.
   6. Anda bisa menjalankannya secara parttime ataupun fulltime.
   7. Anda terbebas dari frustasi karena macet (apalagi jika anda tinggal di jakarta) karena jika anda menjalankanya dari rumah bahkan kamar anda sendiri, anda tidak perlu bolak-balik ke tempat kerja. Artinya anda sekaligus menghemat biaya ongkos atau bensin.
   8. Bebas dari banjir dan kebakaran. Walaupun terjadi, bisnis anda akan tetap berjalan karena bisnis berjalan secara otomatis.
Sedangkan kekurangannya adalah anda tidak akan mendapatkan gaji secara seperti halnya jika anda menjadi karyawan di satu perusahaan. Maka sangat di sarankan untuk tahap pemula untuk menjalankannya secara part time. Dengan catatan dijamin 100%, anda harus menyiapkan mental setidaknya 3 bulan – 1 tahun pertama anda TIDAK MENDAPATKAN HASIL. Tetapi jika anda menekuni, mengetahui cara dan berhasil menjalankan bisnis internet, maka dijamin 100% pula penghasilan anda akan jauh lebih besar di banding dengan gaji anda.

Mengapa saya berani berbicara seperti itu??!!

Jawabannya sangat pasti yaitu karena saya telah mengalaminya sendiri.. Sebagai seorang “newbie” pasti di butuhkan waktu untuk belajar. Mulai dari pencarian ide, pembuatan website, teknik promosi atau SEO, dan segumpal tetek bengek lainnya. Bukannya mau menjatuhkan semangat, tapi ini kenyataan yang “wajib” di ketahui. Sehingga anda tidak berfikir bahwa bisnis ini adalah bisnis cepat kaya.

Sebagai contoh saja kita ambil tentang pembuatan website. Bagi anda yang memahami kode-kode HTML, PHP, JAVASCRIPT, CSS dan sebagainya, Atau anda menguasai Dreamweaver atau teknik Jomla, atau anda yang telah biasa blogging, mungkin ini bukanlah satu masalah. Tapi bagi yang tidak biasa, bahkan “tidak pernah” terfikir sebelumnya, saya jamin setidaknya anda akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bahkan bisa jadi bukan hitungan bulan tapi hitungan tahun.
Sekarang semua di tangan anda. Jika anda menyerah, berarti anda telah masuk kedalam kategori : Penyebab Mengapa Internet Marketer Pemula Sering Gagal.

0 komentar:

Posting Komentar

Google+ Facebook Twitter SC SC mail